Iklan sponsor resmi:

Iklan bisnis dan panduan usaha:

silahkan masuk untuk melihat karakter jiwa bisnismu...!!

I'rob dan Tafsir Basmallah



I’ROB DAN TAFSIR

I’rob dan tafsir Basmalah

Oleh: Robi Permana. S.Pd.I

Bismi : “BA” disini adalah huruf jar, mabni (tetap) kasrah. Makna huruf “BA” adalah: lil isti’anah. Ada pula yang berpendapat, bahwa makna huruf “BA” disana adalah: Al-ilsoq. “Ismi” adalah isim majrur oleh huruf “BA” tanda jar-nya adalah kasrah yang nampak diakhirnya. Keadaannya adalah mudlaf.

الله : isim majrur berkedudukan mudlaf ilaihi. Tanda jarnya adalah kasrah yang nampak diakhirnya.

Arrahmaanirrahiim : kedua kaliamt ini adalah sifat dari “Alloh”. Keadaannya majrur, tanda jarnya adalah kasrah yang nampak diakhirnya.

Tafsir Basmallah:

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Syekh Mustafa Al-Maraghy mengatakan; bahwa kata al-Ismu, dalam bahasa arab berarti kata yang menunjukkan pada suatu zat seperti Muhammad, manusia dan lain sebagainya. Atau bisa menunjukkan kepada sesuatu yang bersifat maknawi, misalnya ilmu, adab dan lain sebagainya.

Ayat tadi menjelaskan telah membarikan suatu pengertian, bahwa disandarkannya kalimat Al-Ismu kepada Alloh, mengandung arti keharusan bagi hamba agar setiap aktifitasnya menyandarkan atas nama Allah. Selain itu pula, ayat tadi memberikan makna keharusan bagi hamba untuk senantiasa berdzikir atas nama Alloh. Alloh Swt. berfirman:

...dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu... (Qs. Al-Baqarah: 198)

Maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu... (Qs. Al-Baqarah: 200)

Imam Muhammad Ali Ash-Shabuni memberi makna Basmalah sebagai berikut: “aku memuli dengan menyebut nama Alloh, dan aku menyebutnya sebelum melakukan sesuatu, sebagai permintaan pertolongan kepada Alloh dalam segala urusanku”.

Imam Ibnu Jarir Ath-Tobari mengatakan: bahwa ungkapan basmalah ini sebagai pembuka bagi setiap awal pekerjaan ataupun ucapan, karena dalam ungkapan basmalah ini terkandung makna yang terbuang (kalimat tidak sempurna), maka sebagai penyempurnanya adalah pekerjaan yang akan kita lakukan. Contoh: ketika hamba mengucapkan “bismillah...” ketika akan duduk, berarti maknanya ialah “aku duduk dengan mengucapkan kalimat bismillah”, atau ketika akan berdiri, berarti maknanya ialah: “aku akan berdiri dengan mengucapkan bismillah”. Dan begitulah makna “basmalah” akan sempurna dengan seluruh amal pebuatan kita.”

Ulama tafsir memberikan penjelasan “basmalah” itu sebagai kalimat yang mesti di ugkapkan sebelum melakukan sesuatu pekerjaan, guna itu semua adalah agar pekerjaan kita tidak sia-sia, hal ini sebagaimana anjuran rasulalah Saw. dalam sabdanya:

كُلُّ أَمْرٍ ذِىْ بَالٍ لَا يَبْدَأ فِيْهِ بِاسْمِ اللهِ فَهُوَ أقْطَعُ {أبو داود}

“tiap-tiap pekerjaan penting yang tidak dimulai dengan bismillah, maka pekerjaan itu terputus (kurang berkah).” {Hr. Abu Dawud}


1 komentar:

  1. Titanium Wok - Titanium Wheels
    Titanium wheels and titanium phone case gears. These wheels can t fal titanium pan also be made in ecm titanium India, Thailand, Thailand, Vietnam, Thailand, Malaysia and how to get titanium white octane Indonesia. This is titanium anodizing based on the

    BalasHapus